Kamis, 18 Agustus 2011

Cinta...Oh Cinta...


Sekalipun pengertian cinta menurut bahasa indonesia adalah hanya sebatas kata sifat di siang hari, dan kata kerja di malam hari, tapi saya percaya ada makna yang lebih dalam di dalam arti kata cinta tersebut.

Ketika anda mendengarkan kata C.I.N.T.A. apa yang terlintas dalam benak anda? Apakah hanya sebatas “kue Apem” atau “Buah kembar”? apapun itu ternyata cinta  bisa membawa berbagai macam dampak buat yang merasakannya, cinta memang terkadang membuat kita bertindak sedemikian konyol, ada saat kita saling mencintai, ada saat cinta bertepuk sebelah pantat, ada perasaan cinta tapi tidak berani mengungkapkan, tidak ada perasaan cinta tapi diungkapkan, sampai kepada pebisnis China, eh salah maksud saya pebisnis Cinta. (usaha tanpa legalitas klo kata si notaris, hanya sebatas lobi-lobi ke pejabad dan penikmad)

Cinta adalah sebuah kata yang mengandung pengertian yang sangat rumit, ada Cinta Eros yang cenderung kepada romantisme, kasih sayang dan hawa nafsu, Cinta Philia, perasaan sayang yang cenderung kepada keluarga dan teman, Cinta Agape, kasih yang cenderung kepada Tuhan, CintaStorge, yang cenderung kepada semangat nasionalisme, patriotisme, dan narsisme. Ada juga cinta Monyet, perasaan cinta antara monyet ganteng yang satu dengan monyet seksi dengan G-String ala monyet yang lain.

Cinta adalah perasaan yang universal, tidak mengenal Gender (yang penting se-agama, jenis kelamin nomor dua),tidak mengenal Usia (yang penting se-suku, tua-muda nomor dua), tidak mengenal  Suku (yang penting seusia, putih-hitam nomor dua), tidak mengenal Agama (yang penting kelaminnya bertanda “siap tuai”, jemaat nomor dua) serta Status dan keadaan. Cinta itu memang buta, sehingga saking butanya terkadang lebih sering meraba-raba dan sekali-kali diraba. Tak peduli apanya yang diraba, meraba-raba isi hati yang di cintainya, atau meraba isi dibalik gumpalan benang yang meliliti tubuhnya.

Cinta itu kaya angin, datang seenaknya, pergi seenaknya, ia datang tanpa salam dan pamit. Ada saatnya dia datang senangnya bukan kepalang, perginya hati jadi malang, cinta membuat orang sering tertawa kaya orang gila, orang gila sering menertawai cinta, dan itu hanya karna Cinta.

Selain hobby mengamati kucing di waktu musim kawin, mengamati lika-liku kisah cinta seseorang juga merupakan hobby saya. Sepertinya cerita tentang kisah cinta ini seolah-olah tidak pernah bosen untuk diperbincangkan, selalu ada hal-hal unik di baliknya, Aneh tapi realita. baik dari anak-anak yang bener-bener masih bau kencur, anak muda cukup umur sampai nenek-nenek tuir berkacamata hitam keluaran Oakley yang terkenal itu. Efek jatuh cinta memang terkadang membuat orang waras jadi gila dan orang gila jadi tiba-tiba waras. Ketika jatuh cinta, tai gigipun sering berasa coklat, dan yang coklat itu entah kenapa terlalu dipuja terlalu berlebihan!

Sebagai seorang pengamat inilah yang saya temui, bahkan orang gilapun ternyata jauh lebih mengerti cara mengaplikasikan sebuah cinta sejati daripada kebanyakan orang normal. Bayangkan saja ketika orang gila menyukai seseorang, dia akan tetap setia menunggu sekalipun tidak ada harapan, tertawa sekalipun di marahi, tetap sabar sekalipun dia selalu di katain gila. Orang gila akan tetap “Moving Forward” dengan sebuah visi, yaitu; mencari orang-orang yang menghancurkan cinta di negara ini, titik!!

Kita sering mendengar Cinta kopi darat, sering terjadi bagi orang-orang yang suka ngopi sambil mendarat, berhubung pendaratan membutuhkan landasan, maka chatting merupakan salah satu pilihan untuk menemukan landasan itu. Biasanya habis chatting kemudian memutuskan untuk ketemuan. Anda tinggal bertanya dia pakai baju warna apa, nomor hp-nya berapa dan menentukan lokalisasi strategis untuk pertemuan. Biasanya kita cukup mengamati sang target dari jauh, klo ternyata target sesuai dengan selera tinggal berlanjut di hotel melati, tapi klo tidak, anda tinggal pulang dan chatting lagi buat cari landasan yang lebih mulus. Pernah suatu kali teman saya meninggalkan sang “kopi” di sebuah mall, tinggal matikan Handphone kasus selesai.

Cinta Kabel, cinta yang tumbuh hanya melalui kabel telepon tanpa pernah bertemu. Setiap jam sebelas malam waktunya buat penganut cinta ini  naik genteng untuk sekedar gombal-gombalan lewat telpon.  Ngakunya sih sudah punya pacar, sekalipun belom pernah ketemu. Ga heran sering sekali ketika ketemuan lebih seringnya saling merasa kecewa satu sama lain, bodynya ternyata tidak se-seksi suaranya atau objek yang terlihat selama ini hanyalah bagian-bagian diri mereka yang menonjol. akibatnya Orang yang dipuja-puja selama ini lewat telpon ternyata kandas di depan matanya.

Saya tahu seseorang juga yang saling mengenal lewat internet. Si wanita masih berumur sekitar 25 tahun dan si pria berumur sekitar 60 tahun. Singkat cerita merekapun memutuskan untuk bertemu setelah cukup lama saling chattingan. Kebetulan sang pria adalah bule. Hari kedua setelah pertemuan, merekapun memutuskan untuk menikah. Setelah seminggu kebersamaan mereka, si bulepun pulang ke negaranya. Nah si wanita bercerita degan maksud untuk tetap menyembunyikan kekeramat-an kelaminnya, kalau dia ternyata blom di apa-apain sama si bule itu, padahal jalannya aja sudah ngangkang,  seolah-olah ada sebuah “pisang Bule” yang memisahkan antara paha kanan atas, dan paha kiri atas. Hahahahha, bagaimana mungkin blom di apa-apain neng, klo mau boong singkirkan pisang di slangkangan dulu dong!!!

Cinta pada pandangan pertama. Wah cinta yang ini yang sering buat saya bingung, bagaimana mungkin orang bisa saling mencintai hanya pada pandangan pertama? Came on…..!! saya heran bagian mananya yang terlihat sehingga bisa membuat mereka saling mencintai pada pandangan pertama?  Tapi nyatanya hal ini banyak terjadi di sekeliling kita. Betapa bersyukurnya orang yang bisa langsung mencintai hanya dengan melihat sekali….Ruarrrr Biasa!!
Cinta dari persahabatan sepertinya lebih cocok buat saya. Rasanya senang kalau rasa cinta itu akhirnya bertumbuh dari akar persahabatan.  So sweet

Cinta hanya sebatas doa, bagian yang ini sering terjadi khususnya bagi mereka jemaat yang selalu tepuk-tepuk tangan. Bagian cinta yang ini persyaratannya sungguh sangat rumit. Sebelum anda mengungkapkan harus berdoa dulu beberapa tahun, pake acara permisi pula sama pembimbing, blom lagi klo pembimbingnya ternyata tidak setuju, atau ternyata saingan, ga heran banyak orang tidak jadi saling mencintai hanya karna tidak ada approval dari pembimbing!! Ah pokoknya aturannya banyak yang tidak masuk akal, mending deh Cinta satu malam ala Freddy S.

Saling jatuh cinta tapi belum tentu semua orang berani mengungkapkan. Seharusnya kalau berani jatuh cinta, berani juga mengungkapkan. Teman saya yang cewe langsung aja nembak tuh cowo setelah hilang kesabarannya menunggu. “lu suka gw kan?” Ayoo…… ngaku lu klo suka gue!!, Alhasil mereka jadian dan nikah trus punya anak super cantik lagi.
Seharusnya memang begitu, semua memiliki hak yang sama untuk mengungkapkan cintanya, yah klo suka langsung nyatain ga perduli yang nyatain cowo duluan atau cewe duluan..sama-sama suka langsung bungkus!!

Cinta itu ibarat kupu-kupu, makin kau kejar, semakin ia menghindar, biarkan saja dia terbang, maka ia akan menghampirimu pada saat yang tak terduga. Berikanlah cinta istimewamu hanya bagi seseorang yang memang benar-benar layak menerimanya.
Hal terkejam yang biasa di lakukan adalah, membuat seseorang jatuh cinta padahal kau tidak pernah berniat sama sekali untuk menerimanya saat ia terjatuh.

Buat anda yang patah hati, tantangannya bukan bagaimana meraihnya kembali, melainkan apa yang bisa diambil sebagai pembelajaran dan mengambil hikmahnya. Cinta paling menyakitkan ketika seseorang yang anda cintai tidak pernah mengetahui perasaanmu terhadapnya. Jangan pernah menyia-nyiakan waktumu mencintai seseorang yang tidak layak kau cintai, biarkan saja dia pergi dari hidupmu!! 
Sebuah kebahagiaan yang tak terhingga buat saya, ketika melihat anda bisa tersenyum karna Cinta,,,senyumlah cinta,,,bercintalah….iyah,,,bercintalah,,,holoboloh holboloh!!

1 komentar: